Kaidah Penulisan Soal (Test)
Written by Ari Julianto
Untuk mengetahui tingkat pencapaian kompetensi, peneliti atauguru dapat melakukan penilaian melalui tes dan non tes. Tesmeliputi tes lisan, tertulis (bentuk uraian, pilihan ganda, jawaban singkat, isian, menjodohkan, benar-salah), dan tes perbuatan yang meliputi: kinerja (performance), penugasan (project) dan hasil karya (product).
I. Pengertian
Menurut Salvia and Ysseldyke (2004: 29), tes adalah seperangkat pertanyaan atau tugas tertentu untuk tujuan jenis respons tertentu yang diinginkan. Tes khususnya berguna dikarenakan tugas dan pertanyaan yang disajikan sama untuk setiap individu.
Menurut Harris dan Cann (1994: 5), tes dikategorikan menjadi
(1) Informal tes
Merupakan cara mengumpulkan informasi mengenai kinerja peserta didik dalam kondisi belajar yang normal.
(2) Formal tes
Merupakan cara mengumpulkan informasi kinerja peserta didik melalui kondisi belajar yang tertentu.
II. Langkah-langkah Pengembangan Tes dan Non Tes
1. Test
(1) menentukan tujuan penilaian,
(2) menentukan kompetensi yang diujikan
(3) menentukan materi penting pendukung kompetensi (urgensi, kontinuitas, relevansi, keterpakaian),
(4) menentukan jenis tes yang tepat (tertulis, lisan, perbuatan),
(5) menyusun kisi-kisi, butir soal, dan pedoman penskoran,
(6) melakukan telaah butir soal.
2. Non Tes
(1) menentukan tujuan penilaian,
(2) menentukan kompetensi yang diujikan,
(3) menentukan aspek yang diukur,
(4) menyusun tabel pengamatan dan pedoman penskorannya,
(5) melakukan penelaahan.
III. Jenis-jenis Tes
Harris dan Cann (1994: 28) menyebutkan beberapa jenis tes,antara lain:
(1) Progress tests, diberikan selama proses belajar.
(2) Summative tests, diberikan di akahir masa belajar.
(3) Entry/placement tests, diberikan untuk mengindikasikan tingkat mana yang sesuai bagi peserta didik.
(4) Diagnostic test, diberikan untuk mengetahui cakupan masalah.
(5) Proficiency tests, diberikan untuk mengetahui kemampuanpeserta didik dalam berbahasa asing.
Menurut Rust and Golombok (2000: 38–47) tes dikategorikan menjadi:
(1) Norm-referenced tests versus criterionreferenced tests
(2) Knowledge-based tests versus person-based tests, dan
(2) Objective tests versus open-ended test
Sedangkan menurut Salvia dan Ysseldyke (2004: 29) menyebutkan ada dua dimensi tes, yakni
(1) Performance standards
Perbandingan antara peserta didik dengan siswa lainnya bisa melalui skor denhgan tes yang sama.
(2) Informational context.
Perbandingan informasi peserta didik dengan siswa lainnya
Menurut Boyle dan Fisher (2007: 14), tes dapat dibedakan menjadi:
1 Norm-referenced assessment,
2 Criterion-referenced assessment,
3 Curriculum-based assessment, dan
4 Dynamic assessment
IV. Syarat Sebuah Tes
Pada umumnya syarat soal yang bermutu adalah
1. Soal harus sahih (valid)
Maksudnya bahwa setiap alat ukur hanya mengukur satudimensi/aspek saja.
2. Soal harus handal.
Maksudnya bahwa setiap alat ukur harus dapat memberikan hasilpengukuran yang tepat, cermat, dan ajeg.
Sedangkan menurut Linn dan Gronlund (1995: 47) tes yang baik harus memenuhi tiga karakteristik, yaitu:
1. Validitas
Artinya ketepatan interpretasi hasil prosedur pengukuran.
Menurut Messick (1993: 16) validitas secara tradisional terdiri dari:
(1) validitas isi, yaitu ketepatan materi yang diukur dalam tes;
(2) validitas criterion-related, yaitu membandingkan tes dengan satu atau lebih variabel atau kriteria,
(3) valitidas prediktif, yaitu ketepatan hasil pengukuran dengan alat lain yang dilakukan kemudian;
(4) validitas serentak (concurrent), yaitu ketepatan hasil pengukuran dengan dua alat ukur lainnya yang dilakukan secara serentak;
(5) validitas konstruk, yaitu ketepatan konstruksi teoretis yang mendasari disusunnya tes.
Menurut Linn dan Gronlund (1995 : 50) validitas terdiri dari:
(1) isi (content),
(2) hubungan kriteria tes (test-criterion relationship),
(3) susunan (construction), dan
(4) konsekuensi (consequences), yaitu ketepatan penggunaan hasil pengukuran.
2. Reliabilitas
Artinya konsistensi hasil pengukuran.
Menurut Ebel dan Frisbie (1991 : 76), faktor yang mempengaruhi reliabilitas yang berhubungan dengan tes adalah:
(1) banyak butir,
(2) homogenitas materi tes,
(3) homogenitas karakteristik butir, dan
(4) variabilitas skor.
3. Usabilitas
Artinya praktis prosedurnya.
Menurut Harris dan Fisher, syarat tes meliputi:
(1) constructive (fokus pada hasil yang ingin dicapai),
(2) reliability (konsistensi pada hasil pengukuran),
(3) validity (sahih)
(4) practicality (praktis dalam segi waktu dan tempat)
(5) accountability (dapat dipercaya dengan memberi laporan hasil tes)
V. Langkah-langkah Penyusunan Butir Soal
(1) menentukan tujuan tes,
(2) menentukan kompetensi yang akan diujikan,
(3) menentukan materi yang diujikan,
(4) menetapkan penyebaran butir soal berdasarkan kompetensi, materi, dan bentuk penilaiannya (tes tertulis: bentuk pilihanganda, uraian; dan tes praktik),
(5) menyusun kisi-kisinya,
(6) menulis butir soal,
(7) memvalidasi butir soal atau menelaah secara kualitatif,
(8) merakit soal menjadi perangkat tes,
(9) menyusun pedoman penskorannya
(10) uji coba butir soal,
(11) analisis butir soal secara kuantitatif dari data empirik hasil uji coba, dan
(12) perbaikan soal berdasarkan hasil analisis.
VI. Kaidah Penulisan Soal Uraian (Essay Test)
1. Materi
a. Soal harus sesuai dengan indikator.
b. Setiap pertanyaan harus diberikan batasan jawaban yang diharapkan.
c. Materi yang ditanyakan harus sesuai dengan tujuan peugukuran.
d. Materi yang ditanyakan harus sesuai dengan jenjang jenissekolah atau tingkat kelas.
2. Konstruksi
a. Menggunakan kata tanya/perintah yang menuntut jawaban terurai.
b. Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal.
c. Setiap soal harus ada pedoman penskorannya.
d. Tabel, gambar, grafik, peta, atau yang sejenisnya disajikan dengan jelas, terbaca, dan berfungsi.
3. Bahasa
a. Rumusan kalimat soal harus komunikatif.
b. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar (baku).
c. Tidak menimbulkan penafsiran ganda.
d. Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu.
e. Tidak mengandung kata/ungkapan yang menyinggung perasaan peserta didik.
VII. Kaidah Penulisan Soal Pilihan Ganda (Multiple Choice)
1. Materi
a. Soal harus sesuai dengan indikator. Artinya soal harus menanyakan perilaku dan materi yang hendak diukur sesuai dengan rumusan indikator dalam kisi-kisi.
b. Pengecoh harus bertungsi
c. Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar. Artinya, satu soal hanya mempunyai satu kunci jawaban.
2. Konstruksi
a. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas. Artinya, kemampuan/ materi yang hendak diukur/ditanyakan harus jelas, tidak menimbulkan pengertian atau penafsiran yang berbeda dari yang dimaksudkan penulis. Setiap butir soal hanya mengandung satu persoalan/gagasan.
b. Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja. Artinya apabila terdapat rumusan atau pernyataan yang sebetulnya tidak diperlukan, maka rumusan atau pernyataan itu dihilangkan saja.
c. Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar. Artinya, pada pokok soal jangan sampai terdapat kata, kelompok kata, atau ungkapan yang dapat memberikan petunjuk ke arah jawaban yang benar.
d. Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda. Artinya, pada pokok soal jangan sampai terdapat dua kata atau lebih yang mengandung arti negatif. Hal ini untuk mencegahterjadinya kesalahan penafsiran peserta didik terhadap arti pernyataan yang dimaksud. Untuk keterampilan bahasa, penggunaan negatif ganda diperbolehkan bila aspek yang akan diukur justru pengertian tentang negatif ganda itu sendiri.
e. Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi. Artinya, semua pilihan jawaban harus berasal dari materi yang sama seperti yang ditanyakan oleh pokok soal, penulisannya harus setara, dan semua pilihan jawaban harus berfungsi.
f. Panjang rumusan pilihan jawaban harus relatif sama. Kaidah ini diperlukan karena adanya kecenderungan peserta didik memilih jawaban yang paling panjang karena seringkali jawaban yang lebih panjang itu lebih lengkap dan merupakan kunci jawaban.
g. Pilihan jawaban jangan mengandung pernyataan “Semua pilihan jawaban di atas salah" atau "Semua pilihan jawaban di atas benar". Artinya dengan adanya pilihan jawaban seperti ini, maka secara materi pilihan jawaban berkurang satu karena pernyataan itu bukan merupakan materi yang ditanyakan dan pernyataan itu menjadi tidak homogen.
h.Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka atau kronologis. Artinya pilihan jawaban yang berbentuk angka harus disusun dari nilai angka paling kecil berurutan sampai nilai angka yang paling besar, dan sebaliknya. Demikian juga pilihan jawaban yang menunjukkan waktu harus disusun secara kronologis. Penyusunan secara unit dimaksudkan untuk memudahkan peserta didik melihat pilihan jawaban.
i. Gambar, grafik, tabel, diagram, wacana, dan sejenisnya yang terdapat pada soal harus jelas dan berfungsi. Artinya, apa saja yang menyertai suatu soal yang ditanyakan harus jelas, terbaca, dapat dimengerti oleh peserta didik. Apabila soal bisa dijawab tanpa melihat gambar, grafik, tabel atau sejenisnya yang terdapat pada soal, berarti gambar, grafik, atau tabel itu tidak berfungsi.
j. Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna tidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang.
k. Butir soal jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya. Ketergantungan pada soal sebelumnya menyebabkan peserta didik yang tidak dapat menjawab benar soal pertama tidak akan dapat menjawab benar soal berikutnya.
3. Bahasa
a. Setiap soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Kaidah bahasa Indonesia dalam penulisan soal di antaranya meliputi:
(1) Pemakaian kalimat:
(a) unsur subyek,
(b) unsur predikat,
(c) anak kalimat;
(2) Pemakaian kata:
(a) pilihan kata,
(b) penulisan kata, dan
(3). Pemakaian ejaan
(a) penulisan huruf,
(b) penggunaan tanda baca.
b. Bahasa yang digunakan harus komunikatif, sehingga pernyataannya mudah dimengerti warga belajar/peserta didik.
c. Pilihan jawaban jangan yang mengulang kata/frase yang bukan merupakan satu kesatuan pengertian. Letakkan kata/frase pada pokok soal.
VIII. Kaidah Penulisan Soal Tes Perbuatan (Practice Test)
1. Materi
a. Soal harus sesuai dengan indikator (menuntut tes perbuatan: kinerja, hasil karya, atau penugasan).
b. Pertanyaan dan jawaban yang diharapkan harus sesuai.
c. Materi sesuai dengan kompetensi (urgensi, relevansi,kontinuitas, keterpakaian sehari-hari tinggi).
d. Isi materi yang ditanyakan sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau tingkat kelas.
2. Konstruksi
a. Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban perbuatan/praktik.
b. Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal.
c. Disusun pedoman penskorannya.
d. Tabel, gambar, grafik, peta, atau yang sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca.
3. Bahasa
a. Rumusan kalimat soal komunikatif
b. Butir soal menggunakan bahasa Indonesia yang baku.
c. Tidak menggunakan kata/ungkapan yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian.
d. Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu.
e. Rumusan soal tidak mengandung kata/ungkapan yang dapat menyinggung perasaan peserta didik.
IX. Kaidah Penulisan Soal Non Tes
1. Materi
a. Pernyataan harus sesuai dengan rumusan indikator dalam kisi-kisi.
b. Aspek yang diukur pada setiap pernyataan sudah sesuai dengan tuntutan dalam kisi-kisi (misal untuk tes sikap: aspek kognisi, afeksi atau konasinya dan pernyataan positif atau negatifnya).
2. Konstruksi
a. Pernyataan dirumuskan dengan singkat (tidak melebihi 20 kata) dan jelas.
b. Kalimatnya bebas dari pernyataan yang tidak relevan objek yang dipersoalkan atau kalimatnya merupakan pernyataan yang diperlukan saja.
c. Kalimatnya bebas dari pernyataan yang bersifat negatif ganda.
d. Kalimatnya bebas dari pernyataan yang mengacu pada masa lalu.
e. Kalimatnya bebas dari pernyataan yang faktual atau dapat diinterpretasikan sebagai fakta.
f. Kalimatnya bebas dari pernyataan yang dapat diinterpretasikan lebih dari satu cara.
g. Kalimatnya bebas dari pernyataan yang mungkin disetujui atau dikosongkan oleh hampir semua responden.
h. Setiap pernyataan hanya berisi satu gagasan secara lengkap.
i. Kalimatnya bebas dari pernyataan yang tidak pasti seperti semua, selalu, kadang-¬kadang, tidak satupun, tidak pernah.
j. Jangan banyak mempergunakan kata hanya, sekedar, semata-mata. Gunakanlah seperlunya.
3. Bahasa
a. Bahasa soal harus komunikatif dan sesuai dengan jenjang pendidikan peserta didik atau responden.
b. Soal harus menggunakan bahasa Indonesia baku.
c. Soal tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu.
Referensi
Balitbang Dikbud. 1994. Bahan Penataran Pengujian Pendidikan. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian.
Boyle, James dan Stephen Fisher. 2007. Educational Testing, A Competence-Based Approach. London: Blackwell.
Ebel, Robert L. dan Frisbie, David A. 1991. Essentials of Education Measurement. New Jersey: Prentice Hall.
Harris, Michael dan Paul McCann. 1994. Assessment. Handbooks for the English Classroom. London: Macmillan.
Linn, Robert L. and Gronlund, Norman E. 1995. Measurement and Assessment in Teaching. (Seventh Edition). Ohio: Prentice-Hall, Inc.
Messick, Samuel. 1993. “Validity”, Educational Measurement, Third Edition, ed. Robert L. Linn. New York: American Council on Education and Macmillan Publishing Company, A Division of Macmillan, Inc.
Rust, J. and Golombok, S. (2000) Modern Psychometrics: The Science of Psychological Assessment. Second Edition. London: Routledge.
Salvia, J. dan Ysseldyke, J.E. 2004. Assessment in Special and Inclusive Education. Ninth Edition. Boston: Houghton Miffl in Company.
Semoga postingan kali ini bermanfaat bagi kita semua. Amien.
Search
Follow Us On Facebook
Selamat Datang di
dvd
koleksi skripsimu
Menghadirkan koleksi
skripsi yang kami miliki untuk sobat semua yang sedang ataupun akan menyusun
skripsi sebagai syarat lulus untuk meraih gelar strata satu (S1). Koleksi kami
ini lengkap mulai dari cover-Bab1 s/d Bab5 + Daftar Pustaka. Tersaji dalam
format microsoft words (sekitar 90%) dan format PDF (sekitar 10%). Koleksi
skripsi kami dijamin akan membantu penyusunan skripsi sobat.
Darimana
koleksi skripsinya?
Dari hasil bergrilya
ke kampus-kampus, download di internet, minta punya temen kuliah trus yang
terakhir adalah dengan membelinya. Dari jerih payah kami selama ini akhirnya
kami mempunyai koleksi skripsi dari berbagai jurusan dan
universitas-universitas yang ada di Indonesia ini.
NIH
DAFTAR ISI SKRIPSI SEMENTARA
Skripsi Administrasi Bisnis (43 Skripsi)
Skripsi Administrasi Negara (6 Skripsi)
Skripsi Administrasi Niaga (16 Skripsi)
Skripsi Administrasi Pertanahan (10 Skripsi)
Skripsi Administrasi Publik (3 Skripsi)
Skripsi Agama Islam (14 Skripsi)
Skripsi Akuntansi (320 Skripsi)
Skripsi Aqidah Filsafat (14 Skripsi)
Skripsi Bahasa Inggris (28 Skripsi)
Skripsi Bahasa Sastra Inggris (128 skripsi)
Skripsi Biologi (68 Skripsi)
Skripsi Desain dan Komunikasi Visual (31 Skripsi)
Skripsi Ekonomi (251 Skripsi)
Skripsi Ekonomi Islam (196 skripsi)
Skripsi Ekonomi Manajemen (131 skripsi)
Skripsi Ekonomi Pembangunan (28 Skripsi)
Skripsi Elektro (101 Skripsi)
Skripsi Farmasi (73 Skripsi)
Skripsi Fisika (95 Skripsi)
Skripsi Geo Teknik (5 Skripsi)
Skripsi Hukum (175 Skripsi)
Skripsi Hukum Perdata (45 Skripsi)
Skripsi Hukum Pidana (15 Skripsi)
Skripsi Hukum Tata Negara (11 Skripsi)
Skripsi Ilmu Hukum (10 Skripsi)
Skripsi Ilmu Keperawatan (4 Skripsi)
Skripsi Ilmu Komunikasi (12 Skripsi)
Skripsi Ilmu Komputer (95 Skripsi)
Skripsi Informatika (194 Skripsi)
Skripsi Kedokteran (9 Skripsi)
Skripsi Kehutanan (6 Skripsi)
Skripsi Keperawatan (12 Skripsi)
Skripsi Kesehatan Masyarakat (125 Skripsi)
Skripsi Kimia (71 Skripsi)
Skripsi Komputer (37 Skripsi)
Skripsi Komunikasi (67 Skripsi)
Skripsi Manajemen (148 Skripsi)
Skripsi Manajemen Ekonomi (27 Skripsi)
Skripsi Manajemen Keuangan (19 Skripsi)
Skripsi Manajemen Pemasaran (10 Skripsi)
Skripsi Manajemen SDM (38 Skripsi)
Skripsi Matematika (75 Skripsi)
Skripsi Olahraga (75 Skripsi)
Skripsi Pendidikan Agama Islam (32 Skripsi)
Skripsi Pendidikan Bahasa Arab (8 Skripsi)
Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia (69 Skripsi)
Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris (109 Skripsi)
Skripsi Pendidikan Biologi (72 Skripsi)
Skripsi Pendidikan Ekonomi (93 Skripsi)
Skripsi Pendidikan Elektro (9 Skripsi)
Skripsi Pendidikan Kimia (96 Skripsi)
Skripsi Pendidikan Matematika (77 Skripsi)
Skripsi Pendidikan Olahraga (164 Skripsi)
Skripsi Perbankan (5 Skripsi)
Skripsi Perbankan Syariah (39 Skripsi)
Skripsi Perkapalan (13 Skripsi)
Skripsi Pertambangan (8 Skripsi)
Skripsi PPKN (69 Skripsi)
Skripsi PGKSD PGSD PGMI (125 Skripsi)
Skripsi Psikologi (140 Skripsi)
Skripsi Sains Kebumian (8 Skripsi)
Skripsi Sejarah (60 Skripsi)
Skripsi Sistem Informasi (46 skripsi)
Skripsi Statistika (68 Skripsi)
Skripsi Sosiologi (19 Skripsi)
Skripsi Syariah (32 Skripsi)
Skripsi Tafsir Hadist (11 Skripsi)
Skripsi Tarbiyah (86 Skripsi)
Skripsi Tata Negara (5 Skripsi)
Skripsi Tata Boga Tata Busana (82 Skripsi)
Skripsi Teknik Elektro (95 Skripsi)
Skripsi Teknik Industri (14 Skripsi)
Skripsi Teknik Informatika (240 Skripsi)
Skripsi Teknik Komputer (13 Skripsi)
Skripsi Teknik Mesin (144 Skripsi)
Skripsi Teknik Metalurgi (9 Skripsi)
Skripsi Teknik Pertanian (14 Skripsi)
Skripsi Teknik Sipil (8 Skripsi)
Skripsi Teknik Telekomunikasi (11 Skripsi)
dll.....
semua kami rangkum dalam 3 kepingan dvd berkualitas
dan jumlah total sementara skripsinya mencapai lebih dari 4.900 buah skripsi (
itung deh kalo gak percaya ^_^)
koleksi
sementara?
Untuk koleksi
sementara kami ada sekitar 4.900 lebih. Lho kok sementara? karena begitu kami
memperoleh skripsi yang baru dan fresh maka kami akan menambahkannya kedalam
koleksi kami sehingga "koleksi skripsi kami akan mengalami penambahan jumlah
tanpa pemberitahuan sebelumnya".
selain skripsi, kami
juga memberikan bonus-bonus yang akan sangat
bermanfaat untuk sobat.
#1 software transtool portable
Ini adalah software
transtool untuk mengubah bahasa Indonesia menjadi Bahasa Inggris
maupun sebaliknya. Sofware ini portable lho so gak perlu instal, simpen z di
flashdisk n tinggal operasikan dimana anda membutuhkannya. Hasil translate
software ini mendekati sempurna sehingga wajar kalo di web aslinya sotfware ini
dihargai Rp 150.000. Tapi di paket koleksi skripsimu akan
kami berikan secara gratis..
#2 software recovery data
Software ini berfungsi
untuk mengembalikan file atau photo yang terhapus dari hardisk ataupun
flashdisk. Semua yang hilang atau tidak sengaja terhapus akan bisa dikembalikan
dengan software yang satu ini dengan keadaan yang tetep baik. Harga dari yang
punya itu adalah Rp 100.000. Tapi di paket koleksi
skripsimu akan kami berikan secara gratis..
#3 Anti virus ringan dan terpopuler
Komputer/laptop anda
akan aman dengan antivirus yang kami berikan di sini. Kaspersky, eset nod32
lalu norman virus control dan semuanya full version siap dijadikan
penjaga data-data anda. Oya satu lagi yang bisa anda pilih adalah avira
antivirus..
#4 PDF creator
Software ini berfungsi
mengubah format microsoft word menjadi pdf, Agar skripsi kamu menjadi lebih
aman dari serangan virus. Harga aslinya mencapai Rp 120.000.
Tapi di paket koleksi
skripsimu akan kami berikan secara gratis..
#5 Ebook rahasia
kok rahasia? ya
karena ebook ini berisi ebook berbahasa indonesia yang tidak beredar luas di
internet. Nilai nominal dari ebook ini lebih dari 1juta lho. Tapi di paket
koleksi skripsimu akan kami berikan secara
gratis..
>> So kami harap
jangan disebar luaskan isinya ya <<
============================================
Pesan sekarang juga!
HARGA SEMUANYA
hanya Rp 120.000,-
HARGA PERJURUSAN
hanya Rp 70.000,-
Skripsi Administrasi Negara (6 Skripsi)
Skripsi Administrasi Niaga (16 Skripsi)
Skripsi Administrasi Pertanahan (10 Skripsi)
Skripsi Administrasi Publik (3 Skripsi)
Skripsi Agama Islam (14 Skripsi)
Skripsi Akuntansi (320 Skripsi)
Skripsi Aqidah Filsafat (14 Skripsi)
Skripsi Bahasa Inggris (28 Skripsi)
Skripsi Bahasa Sastra Inggris (128 skripsi)
Skripsi Biologi (68 Skripsi)
Skripsi Desain dan Komunikasi Visual (31 Skripsi)
Skripsi Ekonomi (251 Skripsi)
Skripsi Ekonomi Islam (196 skripsi)
Skripsi Ekonomi Manajemen (131 skripsi)
Skripsi Ekonomi Pembangunan (28 Skripsi)
Skripsi Elektro (101 Skripsi)
Skripsi Farmasi (73 Skripsi)
Skripsi Fisika (95 Skripsi)
Skripsi Geo Teknik (5 Skripsi)
Skripsi Hukum (175 Skripsi)
Skripsi Hukum Perdata (45 Skripsi)
Skripsi Hukum Pidana (15 Skripsi)
Skripsi Hukum Tata Negara (11 Skripsi)
Skripsi Ilmu Hukum (10 Skripsi)
Skripsi Ilmu Keperawatan (4 Skripsi)
Skripsi Ilmu Komunikasi (12 Skripsi)
Skripsi Ilmu Komputer (95 Skripsi)
Skripsi Informatika (194 Skripsi)
Skripsi Kedokteran (9 Skripsi)
Skripsi Kehutanan (6 Skripsi)
Skripsi Keperawatan (12 Skripsi)
Skripsi Kesehatan Masyarakat (125 Skripsi)
Skripsi Kimia (71 Skripsi)
Skripsi Komputer (37 Skripsi)
Skripsi Komunikasi (67 Skripsi)
Skripsi Manajemen (148 Skripsi)
Skripsi Manajemen Ekonomi (27 Skripsi)
Skripsi Manajemen Keuangan (19 Skripsi)
Skripsi Manajemen SDM (38 Skripsi)
Skripsi Matematika (75 Skripsi)
Skripsi Olahraga (75 Skripsi)
Skripsi Pendidikan Agama Islam (32 Skripsi)
Skripsi Pendidikan Bahasa Arab (8 Skripsi)
Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia (69 Skripsi)
Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris (109 Skripsi)
Skripsi Pendidikan Biologi (72 Skripsi)
Skripsi Pendidikan Ekonomi (93 Skripsi)
Skripsi Pendidikan Elektro (9 Skripsi)
Skripsi Pendidikan Kimia (96 Skripsi)
Skripsi Pendidikan Matematika (77 Skripsi)
Skripsi Pendidikan Olahraga (164 Skripsi)
Skripsi Perbankan (5 Skripsi)
Skripsi Perbankan Syariah (39 Skripsi)
Skripsi Perkapalan (13 Skripsi)
Skripsi Pertambangan (8 Skripsi)
Skripsi PPKN (69 Skripsi)
Skripsi PGKSD PGSD PGMI (125 Skripsi)
Skripsi Psikologi (140 Skripsi)
Skripsi Sains Kebumian (8 Skripsi)
Skripsi Sejarah (60 Skripsi)
Skripsi Sistem Informasi (46 skripsi)
Skripsi Statistika (68 Skripsi)
Skripsi Sosiologi (19 Skripsi)
Skripsi Syariah (32 Skripsi)
Skripsi Tafsir Hadist (11 Skripsi)
Skripsi Tarbiyah (86 Skripsi)
Skripsi Tata Negara (5 Skripsi)
Skripsi Tata Boga Tata Busana (82 Skripsi)
Skripsi Teknik Elektro (95 Skripsi)
Skripsi Teknik Industri (14 Skripsi)
Skripsi Teknik Informatika (240 Skripsi)
Skripsi Teknik Komputer (13 Skripsi)
Skripsi Teknik Mesin (144 Skripsi)
Skripsi Teknik Metalurgi (9 Skripsi)
Skripsi Teknik Pertanian (14 Skripsi)
Skripsi Teknik Sipil (8 Skripsi)
Skripsi Teknik Telekomunikasi (11 Skripsi)
dll.....
#1 software transtool portable
#3 Anti virus ringan dan terpopuler
#4 PDF creator
#5 Ebook rahasia
Pesan sekarang juga!
============================================
Mau uang lebih dari 122
juta??
Pertama-tama Kalo ada yang
ngerasa harga segini "kemahalan" perhatiin deh dengan Rp 120.000
kamu sudah mendapat lebih dari 4.900 skripsi. kita anggap saja
4.900 skripsi nah kalo seandainya anda ngejual lagi perjudulnya dengan harga
Rp. 25.000 maka anda akan mendapat penghasilan sebesar 4.900 x Rp 25.000
= Rp 122.500.000 itu kalo jual Rp 25.000
perjudul, kalo jualnya Rp 30.000 atau Rp 50.000 atau malah Rp 100.000 perjudul
gak ada yang ngelarang kok. Dan hasil yang akan anda dapatkan hitung sendiri ya
^_^ Gimana murah kan??
Special BONUS klik logonya
Ayo
order sekarang juga sebelum harganya kami
naikkan karena skripsinya akan terus bertambah jumlahnya,
jadi wajar dong kalo kami menaikkan harganya.
*******************************************************
#1
Sms ke no
0856-6301-745
contoh
isi sms : pesan dvd koleksi skripsimu, Shinta alamat jl. kualadeli no.14
Samarinda + kodepos
sms anda
akan kami balas dan alamat anda akan kami catat. So mohon banget agar alamatnya
lengkap dan jelas.
#2
silahkan transfer ke BRI
Siti Suhermi
2224-01000-494-532
KABAR GEMBIRA !!!!!!!
BAGI SOBAT PEMILIK REKENING SELAIN BRI MAKA BIAYA TRANSFER ANTAR BANK KAMI YANG MENANGGUNGNYA,BERARTI SOBAT CUKUP MENTRANSFER Rp 115.000 UNTUK SEMUA KOLEKSI SKRIPSINYA DAN Rp 65.000 UNTUK PERJURUSANNYA
#3
konfirmasikan via sms
contoh
sms : sudah transfer 120ribu, mohon kirim segera dvd skripsinya.
setelah kami cek transferan anda maka dvd koleksi skripsi akan segera kami kirimkan dan
nomer resi juga akan kami sms kan
>>> GARANSI
!! <<<
DVD koleksi skripsi ini
kami garansi dari kerusakan fisik maupun error. ya walau pun sudah diburn dengan
kualitas yang terbaik namun bisa saja terjadi eror/data tidak terbaca atau
bahkan kerusakan dalam proses pengiriman. So.. tidak usah khawatir akan data error/rusak
karena kami akan kirim dvd yang baru dan tetap gratis ongkos kirim.
### PENUTUP ###
"kami pedagang muslim yang
jujur dan mencari rezeki secara halal. Siapapun yang telah transfer maka demi
Allah dvd koleksi skripsimu ini akan kami kirimkan dan garansi juga akan kami jamin kepastiannya ^_^ "
* bukti
pengiriman yang telah kami lakukan
Maaf,
kami tidak mempublikasikan testimoni dari pelanggan kami karena kami
merahasiakan identitas mereka. Tapi kami yakinkan bahwa siapapun yang
telah transfer maka DEMI ALLAH dvd koleksi skripsimu akan kami kirimkan.
Mau uang lebih dari 122 juta??
Special BONUS klik logonya
#1 Sms ke no
2224-01000-494-532
KABAR GEMBIRA !!!!!!!
BAGI SOBAT PEMILIK REKENING SELAIN BRI MAKA BIAYA TRANSFER ANTAR BANK KAMI YANG MENANGGUNGNYA,BERARTI SOBAT CUKUP MENTRANSFER Rp 115.000 UNTUK SEMUA KOLEKSI SKRIPSINYA DAN Rp 65.000 UNTUK PERJURUSANNYA
### PENUTUP ###
Popular Posts
-
contoh skripsi singkat – Tentu saja yang menempuh pendidikan di kampus tentu saja akan merasakan yang berjuluk skripsi. Setiap yang menempu...
-
Penulisan Nama dan Gelar dalam Skripsi/Thesis Written by Ari Julianto Dalam penulisan sebuah skripsi/thesis, nama dosen besertagelarnya ja...
-
Majas Perulangan a) Aliterasi Aliterasi adalah sejenis majas yang memanfaatkan purwakanti atau kata-kata yang permulaannya sama bunyinya. ...
Categories
- Algorima dan Pemrograman Terstruktur
- Award
- Bahasa Indonesia
- Berita
- biologi
- Buku
- Cerpen
- contoh skripsi
- Deskripsi Riset
- download skripsi
- fisika
- Games
- Ilmu Sosial Budaya Dasar
- info
- IPS
- jaringan komputer
- jasa skripsi
- Jenis Riset
- jual skripsi
- Judul Skripsi
- Kata Mutiara
- Kesehatan
- Kewirausahaan
- Langkah Awal
- Latihan Soal UN Online
- LINK
- Lomba
- Materi pelajaran ekonomi
- musik
- olahraga
- Page Rank
- pelajaran bahasa indonesia
- Pelajaran Geografi
- pelajaran seni
- Pem.Web
- Pemahaman
- Pengolahan Instalasi Komputer
- Penting Panas Perlu dan Seruu
- POS UN
- Puisi
- Rancangan
- Sistem Berkas
- Sitem Pendukung Keputusan
- Teknik Optimasi
- Teknologi
- Teknologi Komputer
- tempah skripsi
- Tinjauan
- TOS
- Tugas Adm. Web Lanjutan
- Tugas Bahasa Indonesia
- Tugas Elektronika Digital
- Tugas Sistem Penunjang Keputusan
- Ujian Nasional 2013
BTemplates.com
Blog Archive
- Januari 2019 (15)
- Desember 2018 (403)
- November 2018 (373)
- Oktober 2018 (409)
- September 2018 (387)
- Agustus 2018 (385)
- Juli 2018 (405)
- Juni 2018 (398)
- Mei 2018 (389)
- April 2018 (353)
- Maret 2018 (406)
- Februari 2018 (383)
- Januari 2018 (375)
- Desember 2017 (4)
- Oktober 2013 (81)
- September 2013 (66)
- Agustus 2013 (125)
- Juli 2013 (88)
- Juni 2013 (189)
- Mei 2013 (1434)
- April 2013 (107)
- Maret 2013 (93)
- Februari 2013 (41)
- Januari 2013 (51)
- Desember 2012 (58)
- November 2012 (92)
- Oktober 2012 (40)
- Agustus 2012 (2)
- Juli 2012 (1)
- Mei 2012 (1)
- Maret 2012 (3)
- Februari 2012 (10)
- Januari 2012 (11)
- Desember 2011 (4)
- September 2011 (3)
- Mei 2011 (1)
- Desember 2010 (1)
- November 2010 (1)
- Oktober 2010 (1)
- September 2010 (2)